Belajar Keadilan dari Kisah Nabi Daud

Kegiatan rutin Scriptural Reasoning (SR) YIPC Jogja diletakkan di Masjid Piri, pada Minggu, 06 November 2016.

SR tersebut membahas tentang Kisah Nabi Daud. Dari kisah Nabi Daud tersebut,  para peserta belajar tentang nilai-nilai keadilan. Satu per satu dari mereka menilai, jika manusia memang susah berbuat adil. Mereka lebih banyak berbuat kesalahan kepada orang lain.

“Sejatinya kita lebih banyak belajar dari kesalahan bahwa kesalahan pasti pernah kita lakukan, akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapi kesalahan tersebut,” kata Rahmat, peserta dalam kegiatan SR kali ini.

Dia menilai bahwa manusia seringkali berbuat kesalahan, terlebih sikap yang tidak adil kepada orang lain. Menurutnya, jika dalam konteks keagamaan, kesalahan kita kepada Allah berarti dosa. Namun kita diberikan sebuah kesempatan untuk bertobat.

Di luar urusan berbuat kesalahan, para peserta juga menyoal tentang kepemimpinan seorang nabi Daud.

“Nabi Daud mengajak diri kita untuk bersikap bijak dan adil sebagai seorang pemimpin. Namun nilai-nilai tersebut, harus berlandaskan kepada niatan hati,” ungkap Ghulam menimpali yang juga hadir pada kegiatan SR tersebut.

Menurutnya, setiap perbuatan baik harus didasarkan pada kehendak hati. Kita berbuat baik bukan karena ingin dipuji orang lain.

Sementara itu, Lorenso menegaskan jika keadilan dituntut Allah untuk Daud sebagai seorang pemimpin, lewat dua orang yang berperkara. Sebagai pemimpin yang Allah perintahkan ke dunia. Saat itulah Nabi Daud dituntut untuk berbuat adil kepada sesama.

Rahmat menilai jika nilai-nilai perdamaian yang dikaji pada SR tersebut, cenderung lebih kepada belajar tentang menerapkan nilai keadilan. Keadilan memang penting diterapkan di segala bidang. Di saat kita seringkali lupa untuk berbuat adil. Itulah pesan yang disampaikan Daud untuk memberikan keputusan yang adil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.