Dialog A Common Word (ACW) dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia

Dalam WIHW di Malysia, YIPC berkesempatan untuk bertemu dengan mahasiswa-mahasiwi yang berasal dari tanah air Indonesia. Mereka menyebut diri sebagai Persatuan Pelajar Indonseia (PPI) Malaysia. Ada 7 anggota PPI dan 12 member YIPC yang mengikuti acara ini. Acara ini diisi dengan dialog ACW dengan pembahas dari perwakilan YIPC dan PPIM. Terdapat dua sesi dalam dialog, yaitu pemaparan Loving God dari perspektif Muslim dan Kristen, dan Loving Neighbour dari perspektif Muslim dan Kristen. Pembahas Loving God dari perspektif Muslim adalah Mas Robby dari PPIM, dan Loving Neighbour dari perspektif Muslim adalah Anisa. Sedangkan dari perspektif Kristen dipaparkan oleh Jenny.
Selama acara, terjadi dialog yang cukup hangat tentang pandangan Muslim dan Kristen tentang mengasihi Allah dan mengasihi sesama. Selain itu, sempat terjadi dialog tentang konsep ketuhanan Isa al-Masih yang menjadi inti kekristenan. Meski demikian, dialog dapat berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan sesi poto bersama.

REFLEKSI

Dialog merupakan sarana yang efektif untuk memecahkan prasangka. Selama ini, banyak prasangka-prasangka yang tertanam sejak kecil, tetapi, tidak terklarifikasi. Dialog merupakan ajang untuk mengklarifikasi prasangka tanpa harus ada ketakutan atau intimidasi.

Selain itu, berdialog dengan PPIM memberikan pelajaran tentang konteks kehidupan di Malaysia. Di satu sisi, sebagai seorang pelajar yang belajar di negeri ‘orang’, maka adaptasi harus dilakukan. Tetapi, di sisi lain, rasa kecintaan dan kebanggan terhadap NKRI tetap harus tertanam di setiap jiwa pelajar Indonesia.

(By: Rahmat, Ed:RnB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *