Laporan Tahunan YIPC Indonesia 2018

Salam Peace Shalom

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah YME karena laporan tahun 2018 ini dapat tersusun dengan baik. Dengan sangat terasa, tahun ini YIPC Indonesia sudah memasuki tahun ke-6 dalam berkiprah menyebarkan nilai perdamaian berbasis interfaith dialogue di kalangan pemuda. Sejak lahirnya YIPC pada tahun 2012, YIPC telah aktif melakukan upaya preventif di kalangan para pemuda dan mahasiswa khususnya dalam usaha mewujudkan perdamaian di Indonesia dan tentunya dengan harapan akan juga berdampak ke dunia. Usaha ini lahir sebagai jawaban atas maraknya kasus intoleransi, konflik antar umat beragama, kasus diskirimansi, dan banyaknya para pemuda yang terjebak pada organisasi-oraganisasi yang eksklusif secara sosial. Sehingga YIPC melihat sangat penting untuk memberikan ruang dialog bagi para pemuda dari berbagai latar belakang, agama khususnya untuk mau saling mengenal, menjadi inclusive secara sosial, dan bekerja sama dalam ruang-ruang sosial lainnya.

Tentunya upaya-upaya di atas dapat terus dilakukan YIPC secara berkala dikarenakan komitmen dan kerja kerasa bersama dengan para fasilitator dan volunteer lainnya di tiap regional, yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Salatiga, Surabaya, dan , Malang. Oleh karena itu, kami dari YIPC Nasional ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh koordinator dan teman-teman seluruhnya di setiap regional YIPC se-Indonesia; yaitu yang ada di Medan, Bandung, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Di empat regional inilah, YIPC menunjukkan geliatnya secara terus menerus. Dimulai dari menyelenggarakan Student Interfaith Peace Camp, International Day of Peace, World Interfaith Harmony Week, kegiatan perayaan hari besar keagamaan seperti Maulid Nabi Muhammad, Kelahiran Isa Almasih, Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadhan, dan dialog-dialog interfaith. Selain itu, setiap regional juga telah berkomitmen untuk terus mengadakan pertemuan regular setiap satu minggu sekali untuk membahas tentang keberagaman, isu-isu yang sedang berkembang, dan Scriptural Reasoning.

Pada tahun 2018 ini pula, puji syukur berkat karunia-Nya, YIPC dapat mengembangkan sayap ke salah satu regional baru, yaitu Salatiga. Tepat di bulan Agustus, telah dilakukan training Assistant Facilitator, dimana teman-teman yang telah ikut serta akan menjadi key person untuk melanjutkan follow up disana. November lalu pun, Salatiga sudah melakukan SIPC secara terpisah di kota Salatiga, walaupun masih dibantu oleh para fasilitator dari Yogyakarta. YIPC sangat bersyukur karena melihat semangat para member baru disana. Semangat terus Salatiga! Ke depannya, diharapkan YIPC semakin berkembang juga di kota-kota lain nya di Indonesia. Amin!

Terakhir, semoga laporan ini dapat menjadi gambaran kiprah dan sumbangsih yang telah dilakukan YIPC selama satu tahun ini. Selain itu, laporan ini dapat menjadi bahan evaluasi dari semua pihak dalam melanjutkan agenda positif dan inovasi baru sesuai dengan perkembangan sosial. Kiranya Tuhan memberkahi dan mengawal YIPC dalam menyebarkan nilai perdamaian melalui para peacemakers muda dimana pun berada.

Salam Peace Shalom.

atau klik untuk Download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.