Mengenal Kisah Yusuf, Inilah Topik SR YIPC Yogyakarta

KEGIATAN Scriptural Reasoning (SR) pada Reguler Meeting YIPC Yogyakarta kali ini, yaitu bertema kisah Nabi Yusuf.

Bertempat di slasar Masjid UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, beberapa peserta mengkaji kisah tentang Nabi Yusuf yang terkandung di dalam Al-Quran dan Al-Kitab, Minggu sore (16/10/2016).

Beberapa peserta antusias mengikuti kegiatan SR tersebut. Saat kegiatan SR berlangsung peserta diajak mengenal kisah nabi Yusuf yang ada di  Taurat dan Al-quran.

Para peserta membacakan secara bergantian kisah tersebut yang terkandung di dalam Al-Quran dan Al-kitab. Materi tentang kisah nabi yusuf tersebut terdapat di dalam teks taurat bereshit (kejadian) 42-6:25.

Sedangkan di dalam Al-quran terdapat dalam surat Yusuf ayat 56-69.

Para peserta bergantian membacakan penjelasan yang terkandung di dalam dua kitab tersebut. Adapun nilai perdamaian yang bisa didapatkan dalam kegiatan tersebut, yaitu tentang keteladanan nabi Yusuf.

Rahmat, peserta SR pada kegiatan ini menjelaskan jika Peacevalues (nilai perdamaian) yang terkandung di dalam cerita tersebut, yaitu kemampuan berdamai dan memaafkan orang lain berdasarkan kisah nabi yusuf.

Menurutnya, nilai damai tersebut terlihat bagaimana Yusuf mampu berdamai dengan  orang lain, utamanya keluarga sendiri, hal itu terlihat ketika Yusuf mampu memaafkan saudara-saudara yang dulu mencelakai dan menyebabkan yusuf terpisah dari orang tuanya.

Beberapa peserta yang lain, menuturkan jika kisah tersebut memberikan banyak pembelajaran, terutama soal memahami diri, menjaga kepercayaan orang lain dan mampu memaafkan siapapun yang berlaku tidak adil di dalam kehidupan kita sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *