Menghargai Alam

Manusia hidup membutuhkan kebersamaan. Kebersamaan kepada sesama manusia dan makhluk tuhan lainnya di muka bumi ini. Kebersamaan dengan sesama makhluk tuhan yang lain juga perlu diperhatikan. Keberadaan tumbuhan dan hewan juga perlu dijaga dan dihormati. Menghormati kehadiran mereka yaitu dengan cara menjaga habitat dan kelestarian lingkungan yang kita tempati saat ini.

Betapa banyak pohon-pohon ditebang demi proses pembangunan dan industrialisasi. Betapa banyak sampah berserakan di mana-mana akibat kita enggan mengajak diri kita untuk menghargai alam. Akibatnya, alam yang seharusnya dijaga kini menjadi rusak, kotor, penuh dengan berbagai sampah plastik yang merusak tanah.

Dengan semangat tidak menghargai alam itulah, kita setiap saat menyaksikan betapa ancam akan keberlangsungan hidup di sekitar kita dengan mudah terjadi, bahaya longsor, banjir, serta aneka penyebaran penyakit akibat lingkungan yang tidak sehat.

Marilah kita berusaha menjaga alam. Menjaga keindahan semesta yang pada awal penciptaanya diperuntukkan bagi manusia untuk dikelola dan dijaga.

Dengan membiarkan alam rusak. Sebenarnya kita juga membiarkan diri kita dan keturunan kita di masa mendatang juga terancam bahaya. Bahaya akibat semangat menghargai alam telah punah dalam diri kita.

Marilah kita menjaga alam semesta ini. Kita tumbuhkan kesadaran dalam diri jika alam semesta ini menghadirkan segala apa yang kita butuhkan, air untuk mandi, tanah untuk berkebun, laut untuk menangkap ikan, serta hutan dan gunung untuk menjaga keseimbangan.

Dengan semangat menjaga itulah, kita biarkan di tahun-tahun mendatang. Generasi berikutnya merasakan keelokan semesta yang kita jaga mulai hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *