PeaceNews Edisi 3 Januari 2017

Salam Peace Shalom

Bagaimana kondisi dunia saat ini, atau, lebih khususnya lagi bagaimana kondisi pemberitaan di tanah air? Di tahun 2016 ini memang telah begitu banyak peristiwa “viral”. Ada yang penting, tapi ada juga yang hanya sampai batas keisengan temporer belaka. Namun di balik hingar-bingarnya tahun 2016, sudah sepatutnya kita panjatkan puji dan syukur karena Allah masih memberi kasih sayang-Nya melalui PeaceNews untuk tetap konsisten memberi informasi dan kabar gembira bagi masyarakat tentang eksistensi Allah melalui berbagai pembahasan dan topik-topik yang menarik.

Cukup banyak kejadian intoleran di Indonesia yang membuat segudang pekerjaan rumah bagi kita. Dibuka dengan peristiwa bom Sarinah yang terjadi pada awal tahun hingga ditutup oleh pembubaran kegiatan ibadah KKR oleh salah satu ormas Islam di Sabuga, Bandung. Pemberitaan tersebut pastinya membuat khalayak kecewa, sedih, bahkan marah. Namun, sisi lain yang menarik untuk dibahas dari serangkaian kejadian 2016 ini adalah sikap masyarakat Indonesia yang terbilang cukup unik dalam merespon peristiwa-peristiwa tersebut.

Bukannya timbul rasa kecewa/takut, respon masyarakat Indonesia (terhadap Bom Sarinah) malah cenderung “terbuka”, membuat tagar #KamiTidakTakut, bahkan ada yang sampai menyoroti gaya polisi dalam berpakaian dan beraksi. Betapa pun, satu hal yang dapat kita ambil hikmahnya: di tengah banyaknya kabar buruk, ternyata masih ada usaha dari sekelompok orang untuk selalu memunculkan kabar baik/hal positif yang dilakukan dengan cara yang menarik.

Cara inilah yang mungkin menjadi pegangan wajib para peacemaker dalam menebar dan memberitakan perdamaian. Adalah PeaceNews hadir sebagai counter terhadap informasi/peristiwa yang ada dengan mengutamakan hal-hal positif guna membangun masa depan yang lebih baik. Perlahan tapi pasti berkat usaha YIPC, anggapan bahwa ‘bad news is good news’ tidak sepenuhnya taken for granted oleh masyarakat, karena nyatanya mereka sudah mulai pintar dan bijaksana dala memilih dan menyebarkan informasi dari media.

Selamat membaca !

 

Cara download,

  1. Arahkan kursor ke pojok kanan frame newsletter di atas.
  2. Klik  popout

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *