PeaceNews Edisi 4 Februari 2017

Salam Peace Shalom

Sejak 2010 PBB menyepakati tanggal 1-7 Februari sebagai peringatan World Interfaith Harmony Week (WIHW). Pada Minggu pertama bulan Februari ini, berbagai komunitas lintas iman interfaith dianjurkan untuk mempertunjukkan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menjaga keharmonisan antar umat beragama kepada seluruh masyarakat dunia. Berdasarkan dua dasar fundamental yang dimiliki agama Islam dan Kristiani yaitu Loving God dan Loving Neighbour, WIHW memiliki harapan terciptanya kesadaran masyarakat bahwa dua agama besar ini memiliki kekuatan super power untuk menjalin kerjasama yang baik dibandingkan hanya saling berselisih.

Adalah YIPC yang turut menyemarakkan kegiatan WIHW sejak tahun 2014 silam. Mereka tersebar di berbagai kota-kota besar seperti Medan, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Selain itu, 14 anggota YIPC dari berbagai regional akan menjadi ambassador perdamaian yang akan diberangkatkan ke Malaysia dan Singapura. Mereka akan berdialog dengan mahasiswa yang ada di sana; memperkenalkan A Common Word, sebuah dokumen tentang dua dasar nilai yang dipercaya oleh Islam dan Kristen; dan mengunjungi berbagai tempat ibadah yang tidak ada di Indonesia. Tujuannya ialah untuk mengajak para pemuda mancanegara supaya dapat mengambil peran menjaga keharmonisan antar umat beragama. Dan salah satu cara untuk menjaga keharmonisan kehidupan beragama adalah dengan memahami bagaimana cara menghadapi konflik dan upaya penyelesaikannya. Karena sejatinya konflik adalah sesuatu hal yang sunatullah guna mendewasakan kehidupan manusia, maka sudah seharusnya dihadapi dengan tanpa kekerasan, berdialog misalnya. Untuk itu, edisi Peacenews kali ini adalah mengenai upaya penyelesaian konflik tanpa kekerasan.

Saya ucapkan selamat membaca dan selamat memperingati World Interfaith Harmony Week. Mari saling bahu membahu menjaga keharmonisan kehidupan beragama walaupun hanya dengan melakukan upaya kecil. Karena upaya tersebut akan menjadi besar jika dilakukan terus menerus dan tentu juga akan memberikan sumbangsih bagi terwujudnya keharmonisan antar umat beragama di dunia.

 

 

 

Cara download,

  1. Arahkan kursor ke pojok kanan frame newsletter di atas.
  2. Klik  popout

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *