PeaceNews Edisi 9 Desember 2016

Guys….

Sebagai pengantar dalam PeaceNews kali ini saya mengawalinya dengan ucapan syukur kepada Allah atas berkah dan RidhoNya karena sampai saat ini ada anak-anak muda yang memiliki kerinduan dan kemauan untuk berkontribusi sebagai Peacemaker ditengah-tengah bangsa ini. YIPC untuk semester ini kembali menyelengarakan Student Interfaith Peace Camp dibeberapa regional sekaligus yakni regional Medan, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa barat. Kegiatan peace camp yang dihadiri lebih kurang 100 orang mahasiswa S1 ini berjalan dengan baik. Hal ini juga patut disyukuri. Kiranya Allah senantiasa menolong semua anggota baru ini menjadi peacemaker disetiap kota dimana mereka berada.

Pada bulan November ini kita tidak dapat menutup mata dengan kasus yang bernuansa agama kembali terjadi di Indonesia. Masih segar diingatan kita terjadinya aksi demo besar-besaran 411 (4 November) atas protes dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok. Ahok sudah meminta maaf namun akan tetap diproses hukum demi keadilan bagi masyarakat Indonesia yang merasa tergangu atau tersakiti oleh pernyataan Ahok. Tentunya kita akan mempercayakan kasus ini sepenuhnya kepada aparat hukum. Selain itu kita juga dikejutkan kembali dengan adanya tindakan terror melalui aksi bom di Gereja Oikumene di Samarinda yang menewaskan balita yang masih berusia 2,5 Tahun. Respons masyarakat terhadap kasus-kasus ini sangat beragam. Ada yang berusaha menyejukkan suasana sehingga tidak terjadi konflik agama yang lebih besar lagi, ada yang mengutuki namun tidak dipungkiri banyak juga yang acuh atau apatis dengan situasi ini.

Sehingga tidak berlebihan jika saya mengatakan Indonesia masih mebutuhkan lebih banyak Peacemaker yang mengambil peran sebagai pembawa damai yang menyejukkan situasi-situasi yang tidak kondusif karena konflik atas nama agama. Tidak hanya menyejukkan tentunya, namun berupaya dengan berbagai strategi mempeluas pengaruhnya untuk melahirkan generasi damai bagi bangsa ini. Kalau saudara memiliki beban yang sama untuk menjadi Peacemaker bagi bangsa ini maka saudara adalah orang pilihan yang dinantikan bangsa ini.

Edisi kali ini menjadi sangat menarik untuk dibaca tuntas karena PeaceNews akan mememaparkan mengenai Hubungan Islam-Kristen menurut Kitab Suci. Seperti kita ketahui bersama, tidak hanya di Indonesia, bahkan di dunia kedua agama ini sarat dengan konflik. Mengupas topik ini berdasarkan kitab suci menjadi sangat penting. Selain itu juga akan membahas nilai perdamaian tentang ekslusivisme kelompok. Kiranya melalui pembahasan kedua topik utama ini para pembaca semakin dicerahkan dan  semakin serius terlibat dalam upaya-upaya perdamaian yang berbasis agama dimulai dari lingkungan kampus.

Salam Peace Shalom!

 

Cara download,

  1. Arahkan kursor ke pojok kanan frame newsletter di atas.
  2. Klik  popout

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.