Penerimaan Tulisan dalam buku bunga Serampai 5 tahun YIPC

Salam Peace Shalom,

Puji Syukur kehadirat Allah sang pencipta yang telah meridhoi gerakan perdamaian yang kita lakukan sehingga sampai tahun ini kita akan berumur 5 tahun. Sungguh berkat pertolongan dariNya kita dimampukan untuk terus berproses di dalam jalan kebenaran dan perdamaian.

Sahabat YIPC dimanapun berada, umur 5 tahun memang masih sangat muda, kalau diibaratkan seperti umur manusia, kita masih dalam umur hampir melewati balita dan masuk umur sekolah. Namun meski masih sangat singkat kita bersyukur karena terus diberikan kesempatan untuk berkarya dan menginspirasi banyak orang melalui peace camp dan juga kegiatan-kegiatan kita lainnya. Sebagai gerakan Interfaith peacemaker kita memiliki keunikan tersendiri dengan gerakan-gerakan yang sejenis lainnya. Keunikan ini perlu kita jaga sekaligus kita terus berjejaring dengan banyak komunitas dan gerakan lainnya di kampus maupun di masyarakat sekitar. Salah satu keunikan yang kita miliki adalah Nilai-nilai perdamaian dan dialog lintas iman yang bagaikan dua sisi mata uang. Nilai-nilai perdamaian yang kita kembangkan berasal dari nilai-nilai luhur yang kita pelajari dari Kitab Suci, demikian juga interfaith dialog yang kita praktekkan dasar utamanya dialog dengan prinsip-prinsip dasar perdamaian yang juga kita pelajari.

Disaat banyak orang yang mempraktekkan dialog dengan debat kusir dan dilain pihak banyak orang yang merasa tidak perlu membicarakan nilai-nilai agama dalam aktivitas perdamaian, YIPC hadir mengkombinasi keduanya menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, menurut hemat kami sudah saatnya kita mendokumentasikan keunikan kita ini dalam betuk buku yang nantinya dapat menjadi bahan bacaan alternatif dalam usaha-usaha perwujudan perdamaian di Indonesia bahkan dunia.

Untuk mewujudkan rencana ini, kami di jogja sudah membentuk panitia kecil yang berusaha mensukseskan rencana ini. Namun meski panitia utama ada di jogja (demi keefisienan) kami merencanakan bahwa buku bunga serampai ini adalah hasil karya YIPC di semua kota di indoensia. Dalam rencana awal kami setiap regional yang ada dapat mengarahkan 4-5 member untuk menulis dalam buku ini, sehingga minimal buku ini akan berisi 16-20 tulisan yang akan dibagi dalam beberapa kategori.

 

 

Tujuan

  1. Untuk mensosialisasikan gerakan dan keunikan YIPC dalam bentuk buku kepada semua pembaca di Indonesia.
  2. Untuk merangsang minat menulis anggota YIPC dalam tema-tema perdamaian dan interfaith dialog.
  3. Sebagai hadiah ulang tahun ke5 kepada seluruh anggota YIPC dan juga stimulus untuk berkarya yang lebih luas dikemudian hari

 

Rancangan Awal Buku

Seperti judulnya sebagai buku bunga serampai yang terdiri dari tulisan-tulisan dari beberapa orang, direncanakan ada 20 penulis untuk buku ini. Adapun pembagian topiknya adalah sebagai berikut:

  1. Testimony atau Refleksi Pribadi dalam bentuk opini. Berisikan testimony para member YIPC tentang perubahan yang dialami sejak bergabung dengan YIPC. Harapannya dibuat seperti menulis opini supaya lebih menarik.
  2. Kajian non-teologis (sosiologis, budaya, ekonomi, hukum, sains, kesehatan, pertahana dan keamanan, HAM, dll) atas Gerakan Interfaith Peacemaker
  3. Kajian dialog teologis khususnya Islam dan Kristen. Untuk bagian ini akan dibagi menjadi dua bagian:
  4. Kajian agama sendiri. (cth: Seorang krsiten membahas isu tentang kekristenan yang berhubungan dengan perdamaian atau hubungan dengan yang berbeda, demikian juga dengan yang kajian Islam).
  5. Kajian lintas agama (maksudnya: seorang Islam akan membahas tentang isu dalam kekristenan dan juga demikian sebaliknya).

 

Kriteria Penulisan

  1. Testiomony/ Refleksi dalam bentuk opini berupa pengalama atau refleksi tentang perjumpaan dengan yang berbeda (Islam dan Kristen) di kegiatan-kegiatan YIPC (Peace Camp, SR, WIHW, Peace Day, dll). Ditulis dengan font times new roman, 12, spasi 1,5. Panjang tulisan 2-5 halam A4.
  2.  Kajian non-teologis (sosiologis, budaya, ekonomi, hukum, sains, kesehatan, pertahana dan keamanan, HAM, dll) atas Gerakan Interfaith Peacemaker. Kajian ini bisa disesuaikan minat/ketertarikan para penulis namun fokus utamanya adalah gerakan interfaith peacemaker. Ditulis dengan font times new roman, 12, spasi 1,5. Panjang tulisan 4-10 halaman A4.
  3. Kajian teologis Islam dan Kristen. Berupa tulisan tentang tema-tema teologis yang sudah pernah di bahas di YIPC dan juga isu-isu yang berkembang dan kontemporer. Ditulis dengan font times new roman, 12, spasi 1,5. Panjang tulisan 4-10 halaman A4.

 

Time Line

  1. 1-7 Maret 2017: Pengumuman dan koordinasi dari setiap regional
  2. 1 – 31 Maret 2017: proses penulisan dan pengumpulan tulisan ke email redaksi (milad5@gmail.com ) dengan disertakan biodata singkat penulis.
  3. 1 – 14 April 2017: Proses seleksi kelayakan tulisan
  4. 15 – 30 April 2017: revisi (jika ada) tulisan yang diterima
  5. 1-31 Mei 2017: editing oleh redaksi dan tim panitia
  6. 1-30 Juni 2017: layout buku
  7. 12 July: lounching buku dalam bentuk e-book.

 

Tim Panitia (Redaksi)

Tim Perancang: Riston Batuara, Ahmad Shalahuddhin M, Rahmatullah, Kunny

Layouter: Ibnu Ghulam Tufail

 

Penutup

Demikian TOR ini kami buat, besar harapannya rencana ini dapat terealisasi dengan baik dan menjadi karya kita bersama. Semoga Allah yang maha kasih memberkati rencana ini sehingga akhirnya dapat menjadi berkah bagi banyak orang.

 

Shalom Peace Salam,

ttd

Tim Panitia

 

Narahubung: Rahmat (WA. 0821.3524.0900)

Email: yipc.milad5@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *