Jalan Kebersamaan

Jalan kebersamaan seringkali terjal. Tidak banyak manusia yang mampu menjaga semangat dan harapan untuk hidup bersama. Terasa banyak alasan dan perbedaan terus hadir menghantui semangat untuk menjalin hubungan yang harmonis satu dengan yang lain.

Sejatinya, menjalin kebersamaan bukan sekadar bagian dari kehidupan untuk sama-sama menikmati perjalanan hidup dalam bingkai kesusahan dan kesenangan. Namun  lahirnya harapan satu dengan yang lain yang tidak selalu sama menyebakan harapan kebersamaan seringkali menghilang dari kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Satu-satunya jalan untuk merekatkan hubungan yang harmonis, kita sebaik mungkin tetap menjalin hubungan tanpa melihat status sosial yang kadang menghegemoni dalam kehidupan bermsyarakat. Sehingga status sosial itu pun membuat kehidupan semakin terkotak-kotak. Tak jarang dari status sosial itulah, terlahir pembagian hidup yang hanya berlandaskan harta dan jabatan di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Bukankah manusia terlahir dengan status yang sama di hadapan tuhan. Perjalanan hidup manusia tidak selalu sama. Perjuangan manusia yang dibingkai dari usaha, usaha dan doa itulah yang pada akhirnya mengubah posisi seseorang di tengah kehidupan bermasyarakat. Lalu setelah jabatan dan status sosial semakin meninggi. Tanpa kita sadari, semangat kita untuk hidup dalam kebersamaan menghilang. Akibatnya, tak jarang hubungan pertemanan dan kekeluargaan pun ditegaskan dengan keberadaan status sosial tersebut.

Maka, solusi terbaik dan perlu kita lakukan untuk membingkai hubungan kebersamaan yang memunculkan yaitu semangat untuk menghargai antar sesama. Manusia dipastikan selalu bersimbiosis mutualisme, saling terikat dan saling membutuhkan untuk keberlangsungan hidup itu sendiri.

Sikap-sikap luhur seperti ini memang tidak mudah dimiliki oleh setiap individu. Terlebih dalam hubungan masyarakat satu dengan yang lain yang dipenuhi harapan satu dengan yang lain untuk saling mendominasi. Maka jalan kebersamaan akan selalu berliku.

Kita hanya bisa berharap bahwa apapun yang terjadi selama kita hidup. kebersamaan adalah hal yang harus diajarkan kepada setiap generasi agar tercipta kehidupan yang harmonis, damai dan penuh dengan semangat saling menolong.

Tanpa kebersamaan, pada akhirnya hubungan manusia akan berakhir di titik kebinasaan.

Jalan kebersamaan seringkali terjal. Setiap manusia selalu dihadapkan dengan persoalan untuk menikmati jalan kebersamaan yang tidak mudah. Mulai perbedaan pendapat mengenai persoalan kepemilikan materi dan hingga perbedaan harapan mengenai kehidupan itu sendiri.

Akibatnya, kebersamaan yang seharusnya menjadi tangga menuju sikap saling menolong, memberikan bantuan di kala susah menjadi kian meruncing dan membuat kita semakin berjauhan.

 

1 thought on “Jalan Kebersamaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.