Memperkenalkan Nilai Perdamaian kepada Anak-Anak

Memperkenalkan nilai-nilai perdamaian kepada anak-anak menjadi salah satu program YIPC Yogya saat ini. Program ini merupakan salah satu aksi nyata untuk berkontribusi kepada masyarakat. Pagi ini (26/09), empat anggota YIPC Yogya, Kunny, Ela, Pandi dan Talha, pergi mengajar ke PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Berbah Sleman.

Ibu Maya, salah satu guru PAUD menyambut tim YIPC di rumahnya. Mereka bergegas langsung ke PAUD yang jaraknya tidak jauh dari rumah Bu Maya. Beberapa anak PAUD terlihat sedang bermain perosotan saat tim YIPC tiba. Selanjutnya, kurang lebih 13 anak-anak mengikuti pengajaran nilai perdamaian versi anak-anak ini.

Dengan menggunakan buku seri nilai perdamaian untuk anak dari Peace Generation, Kunny membacakan satu buku cerita berjudul “Sahabat yang Dapat dipercaya,” kepada anak-anak. Tidak hanya diajak mendengarkan cerita, anak-anak juga dilatih untuk meningkatkan kecerdasan motorik melalui aktivitas mencari kelinci sesuai dengan kisah di dalam buku tersebut. Selain itu, anak-anak diajak untuk menunjukkan nama-nama daerah dari setiap tokoh ke dalam peta Indonesia dengan tujuan dapat memperkenalkan Indonesia yang multikultural kepada anak-anak lewat media sebuah cerita. Walaupun anak-anak PAUD ini belum diajarkan membaca, anak-anak terlihat antusias saat Kunny meminta mereka untuk menempelkan sticky note ke satu titik daerah yang sudah ditunjuk Ela dan Pandi.

Pertemuan pertama YIPC Yogya dengan anak-anak PAUD ini ditutup dengan sesi foto bersama. YIPC Yogya akan mengajar kembali pada bulan depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.